Sabtu, 05 November 2011

CARA BELAJAR MUDAH CEPAT DAN EFEKTIF


Belajar merupakan sesuatu yang mudah. hanya saja kita perlu waktu untuk membiasakan diri terhadap sesuatu yang baru bagi diri kita sendiri. tapi dalam proses belajar, kita dapat memaksimalkan usaha kita agar dapat belajar secara efektif, ssehingga lebih cepat paham dan mengerti. hanya saja banyak orang yang tidak mengetahui karakteristik belajarnya sendiri. sehingga terkadang apa yang dipelajari tidak terekam dengan baik dengan otak. beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses belajar agar menjadi suatu proses belajar mudah, cepat dan efektif adalah karakteristik yang sesuai dengan gaya belajar masing-masing, karena masing-masing orang memiliki karakteristik berbeda-beda dalam pelaksanaan belajar muda, cepat dan efektif.
dalam belajar ada 4 gaya :
1. visual => mengandalkan penglihatan pada apapun yang ditangkap mata
2. auditori => mengandalkan pendengaran dan pembicaraan atau berdiskusi
3. tactile => mengandalkan pengetahuan pada objek baik secara fisik maupun emosi yaitu dengan menyentuh atau merasakan sensasi di kulit dengan menggunakan tangan atau jari jemari.
4. kinestetis => kinestetis mengandalkan sisi motorik yaitu dengan menggerakan otot-otot tubuh dan secara aktif terlibat dalam suatukegiatan seperti simulasi atau eksperimen.

berikut ciri-ciri karakter seseorang dalam pengunaan gaya belajar mudah, cepat dan efektif :
A. Otak Kanan dan Otak Kiri

dalam proses belajar pemisahan antara otak kiri dan kanan perlu dilakukan agar kita dapat menentukan gaya dan cara belajar yang tepat.
berikut penjelasan perbedaan antara otak kiri dan otak kanan :

Otak kiri :
. Otak kiri manusia menyimpan data secara berurutan dan sangat teratur, secara linear, bagian
perbagian, otak kiri sangat sulit menyerap informasi secara global sekaligus, kecuali disajikan secara
bertahap.
· Kendalikan gerakan pada tubuh bagian kanan, tangan kanan, kaki kanan dan sebagainya.
· Menerima sensor dan input sentuhan dari bagian kanan tubuh, termasuk tangan kanan.
· Memproses bahasa simbolik seperti huruf, angka, kata-kata, bahasa, ide-ide dan konsep.
· Komunikasi verbal
· Setahap demi setahap, linear, melakukan segala hal secara berurutan.
· Sangat memperhatikan urutan waktu
· Menganalisis dengan mengartikan setiap bagian informasi yang diterima.
· Belajar bagian demi bagian baru keseluruhan.
· Lebih senang mendengarkan kata-kata daripada emosi.
· Senang musik
· Kreatif dengan materi-materi nyata.

Otak Kanan :
· Otak kanan menyimpan informasi secara simultan, secara global, melihat sesuatu sebagai gambaran
luas, otak kanan akan kesulitan bila menyerap informasi sepotong-sepotong.
· Kontrol gerakan ada pada sisi kiri; tangan kiri, kaki kiri dan sebgainya.
· Menerima sensor dan input sentuhan dari sisi kiri, termasuk tangan kiri.
· Memproses pengalaman sensorik yang nyata saja: dari pandangan, suara atau kesan tanpa kata-kata
atau dengan kata-kata yang memiliki sensorik yang kuat.
· Komunikasi non verbal: membaca mimik wajah, bahasa tubuh, nada suara dan isyarat emosi.
· Memandang segala sesuatu secara simultan, global, berpandangan luas.
· Non – temporal : Tidak memandang urutan waktu.
· Menyimpulkan segala sesuatu dengan cara menghubungkan bagian per bagian menjadi sebuah
gambaran utuh.
· Belajar secara keseluruhan baru bagian perbagian
· Lebih senang merasakan emosi
· Senang musik, mendengarkan musik.
· Kreatif dalam memikirkan segala hal yang tidak nyata, berdaya cipta, dan imajinatif.

setiap orang memiliki kecenderungan dalam mengunakan otak kanan dan kirinya. namun ada orang yang memiliki kecenderungan menggunakan kedua-duanya sekaligus dalam belajar, berikut ciri-ciri orang yg menggunakan otak kanan dan kirinya sekaligus dalam belajar mudah, cepat dan efektif :

· Memahami dunia sepenuhnya
Tipe terintegrasi ini bisa bergerak bebas dari satu lingkungan ke lingkungan yang lain dan bisa
memahami orang atau subyek baik yang berkomunikasi dengan otak kanan maupun otak kiri.
· Penyimpanan Materi
Menyimpan informasi secara simultan setahap demi setahap
· Kesadaran terhadap waktu
Tipe orang yang sangat peka terhadap waktu, bisa menjadi orang yang lupa waktu jika sedang
dibutuhkan layaknya tipe otak-otak kanan, tapi bisa juga menjadi orang yang sangat tepat waktu
layaknya pemakai otak kiri
· Kemampuan visual berdemensi ruang
Otak kanan memberi kemampuan visual ruang yang sangat baik, mengenai warna, bentuk dan desain.
· Kreativitas dan imajinasi
Pemakai otak kanan dan otak kiri yang terintegrasi bisa bekerja dengan dua jenis kreativitas, bisa
beradaptasi dalam berbagai situasi.
· Komunikasi
Tipe ini bisa mendengar dengan kedua sisi otak mereka, bisa menangkap kata-kata sebagus membaca
bahasa non verbal.
· Cara berpikir lingkup kecil ke luas dan lingkup luas ke kecil.
Tipe ini bisa menelitinya dari yang kecil-kecil terlebih dahulu dan kemudian saling
menghubungkannya secara total, bisa membaca buku dari depan ke belakang atau sebaliknya atau
melompat-lompat.

orang seperti apa kah anda?
cenderung menggunakan otak kiri atau otak kanan?

B. Menentukan Gaya Belajar

berikut pertanyaan-pertanyaan yang perlu dijawab agar dapat menentukan gaya belajar anda :

1. Jika Anda bertemu dengan orang baru, apa yang biasanya Anda perhatikan pertama kali ?
a. Penampilan dan cara berpakaiannya
b. Cara berbicara saat mengucapkan kata-kata atau suaranya.
c. Perasaan Anda pada orang terebut
d. Cara mereka bertingkah laku atau berperilaku

2. Beberapa hari setelah anda bertemu dengan orang baru, apa yang biasanya paling anda ingat
darinya ?
a. Wajah
b. Nama
c. Perasaan Anda saat bersama orang itu meski Anda lupa nama dan wajahnya.
d. Apa yang Anda lakukan bersama-sama meski Anda mungkin lupa nama dan wajahnya

3. Saat Anda memasuki ruangan yang baru, apa yang paling Anda perhatikan?
a. Keadaan ruangan
b. Suara ataupun diskusi-diskusi yang berlangsung diruangan itu.
c. Perasaan nyaman yang Anda rasakan secara emosional atau secara fisik
d. Aktivitas apa yang sedang berjalan dan apa yang bisa Anda lakukan diruangan itu.

4. Jika Anda mempelajari sesuatu yang baru, cara mana yang paling Anda sukai?
a. Si guru memberikan bahan untuk dibaca dan menunjukan buku-buku, gambar-gambar, grafik,
peta, bagan atau objek, tapi tanpa ada diskusi, pembicaraan atau menulis.
b. Si guru menjelaskan segala sesuatunya melalui diskusi dan Anda diberi kesempatan untuk
bertanya, tapi tak memberikan sesuatu pun untuk Anda lihat, baca tulis, atau bahkan Anda
kerjakan.
c. Guru membiarkan Anda menulis atau menggambar informasi menyentuh materi, mengetik,
atau bahkan membuat sesuatu dengan menggunakan tangan Anda.
d. Guru memberikan kesempatan pada Anda untuk mengerjakan sebuah proyek, simulasi,
percobaan-percobaan, permainan, role-play, drama, eksplorasi, membuat penemuan-penemuan,
atau melakukan aktiitas yang memungkinkan Anda bergerak bebas dalam belajar.

5. Saat Anda harus mengajar orang lain, manakah yang akan Anda lakukan?
a. Memberikan sesuatu pada mereka untuk diamati seperti suatu objek, gambar, atau bagan
dengan hanya sedikit saja atau bahkan tidak ada penjelasan verbal dan diskusi sama sekali.
b. Anda akan menjelaskan dengan berbicara, tapi tidak memberikan materi visual apapun.
c. Anda akan menulis atau menggambarkannya atau akan menggunakan tangan Anda untuk
menjelaskan semuanya.
d. Anda akan mendemonstrasikannya dan mengajak mereka melakukan secara bersama-sama.

6. Jenis buku apakah yang paling anda sukai ?
a. Buku yang berisi tentang penjelasan untuk membantu Anda memahami situasi.
b. Buku yang berisi informasi factual, sejarah, atau dialog-dialog.
c. Buku yang berisi tentang karakteristik manusia, perasaan dan emosi, buku-buku psikologi
popular, buku tentang emosi dan hubungan antar manusia, atau buku-buku yang akan
membantu pengembangan pikiran atau tubuh Anda.
d. Buku saku yang berisi tips-tips olah raga, hobi, atau cara mengembangkan bakat.

7. Jenis aktivitas apa yang akan Anda lakukan dalam waktu senggang Anda?
a. Membaca buku atau majalah.
b. Mendengarkan pelajaran lewat kaset, acara radio, atau mendengarkan dan bermain musik.
c. Menulis, menggambar, mengetik atau membuat sesuatu dengan memakai tangan Anda.
d. Berolahraga, membuat sesuatu atau melakukan permainan yang membutuhkan gerakan tubuh

8. Berikut ini, situasi manakah yang Anda anggap paling enak untuk membaca dan mempelajari
sesuatu?
a. Anda tetap bisa belajar dengan diiringi musik, suara-suara bising atau keramaian di sekeliling
Anda.
b. Anda tidak akan bisa belajar bila ada musik, kebisingan ataupun diskusi disekeliling Anda.
c. .Anda harus merasa nyaman, santai dan tetap bisa belajar meski dengan atau tanpa musik tapi
harus menyingkirkan perasaan negatif pada orang lain terlebih dahulu.
d. Anda harus merasa nyaman, santai dan tetap bisa belajar baik dengan atau tanpa musik tapi
aktivitas dan kegiatan yang berlangsung di dalam ruangan bisa mempengaruhi proses belajar
Anda

9. Saat Anda berbicara dengan seseorang kemanakah arah pandangan mata Anda? (Anda bisa
meminta orang lain untuk mengamatinya).
a. Anda nerasa harus melihat tepat di wajah orang yang Anda ajak bicara dan ia pun harus melihat
wajah Anda.
b. Anda memandangnya hanya sekilas saja dan kemudian mata Anda melihat dari satu sisi ke sisi
yang lain, ke kanan dan ke kiri.
c. Anda memandangnya secara sekilas untuk melihat ekspresi wajahnya kemudian menundukan
atau melihat ke arah lain..
d. Anda sering memandangnya dan sering melihat ke bawah atau ke arah lain, tapi jika ada satu
gerakan atau aktivitas, maka Anda akan mengalihkan pandangan ke gerakan ataupun aktivitas
lain tersebut..

10. Pernyataan manakah yang paling pas menggambarkan diri Anda?
a. Anda senang mengamati warna, bentuk, desain, dan pola-pola kemana pun Anda pergi dan
memiliki pengamatan yang sangat baik dalam hal warna dan desain. .
b. Anda tidak bisa tinggal diam dan jika sekeliling Anda begitu sunyi, maka Anda akan
bersenandung, menyanyi, berbicara dengan kencang menghidupkan radio, TV, tape, atau CD
agar di ruangan tersebut selalu ada suara.
c. Anda begitu sensitif pada perasaan seseorang. Perasaan Anda sendiri begitu mudah terluka,
Anda tidak bisa berkonsentrasi bila ada seseorang yang tidak menyukai Anda dan Anda merasa
harus dicintai dan diterima dulu sebelum bekerja..
d. Anda merasa kesulitan bila harus duduk berlama-lama dan harus banyak bergerak dan bila
Anda harus duduk Anda akan membungkuk, bergeser-geser, menghentak-hentakan kaki atau
sering menggerak-gerakkan kaki Anda.

11. Pernyataan manakah yang paling pas buat Anda?
a. Anda sangat memperhatikan bila ada seseorang yang tidak pantas dalam berpakaian atau
menata rambut dan Anda sangat ingin membenahinya.
b. Anda merasa terganggu bila ada seseorang yang berbicara dengan tidak sopan dan sangat
sensitif dengan suara tetesan air dan peralatan yang berjatuhan.
c. Anda akan menangis bila sampai pada bagian sedih dari sebuh film atau buku.
d. Anda merasa capek dan tidak nyaman jika harus duduk berlama-lama dan tidak bisa berdiam
diri terlalu lama di satu tempat.

12. Apa yang paling mengganggu bagi Anda?
a. Tempat yang kacau dan tidak tertata rapi.
b. Tempat yang terlalu sunyi.
c. Tempat yang tidak nyaman secara fisik dan emosi.
d. Tempat di mana tidak ada aktivitas bisa dilangsungkan atau Anda tidak bisa bergerak bebas di
dalamnya.

13. Apa yang paling mengganggu Anda jika seseorang sedang mengajar Anda ?
a. Mendengarkan saja tanpa satu objek visual pun yang isa dilihat.
b. Membaca sesuatu dengan tenang tanpa penjelasan verbal atau diskusi sama sekali.
c. Tidak diizinkan menggambarkan, mencoret-coet, menyentuh sesuatu dengan menggunakan
tangan Anda atau menulis hal-hal yang penting saja, meski sebenarnya Anda tidak akan mau
membacanya lagi.
d. Harus melihat dan mendengarkan saja tapi tidak diizinkan banyak bergerak..

14. Pikirkan kembali saat-saat membahagiakan dalam hidup Anda. Luang waktu sejenak untuk
mengingatpengalaman-pengalaman Anda. Setelah mengenangnya, memori apa yang tertinggal di
kepala Anda?
a. Apa yang Anda lihat, seperti deskripsi visual orang-orang, tempat dan segala sesuatunya.
b. Apa yang anda dengar seperti dialog dan percakapan-percakapan apa yang anda katakana dan
suara-suara yang ada disekeliling anda.
c. Sensasi yang anda rasakan lewat kulit dan tubuh dan apa yang anda rasakan secara fisik dan
emosi.
d. Tindakan dan aktivitas apa yang anda kerjakan, gerakan-gerakan tubuh anda dan juga
penampilan anda.

15. Ingatlah kembali saat anda melakukan perjalanan atau liburan. Untuk sesaat coba ingat segala
sesuatunya sebisa anda. Setelah itu, coba anda cek memori apa yang tertinggal di otak anda?
a. Apa yang anda lihat seperti deskripsi visual dari orang-orang tempat dan segala sesuatunya.
b. Apa yang anda dengar, misalnya dialog dan pembicaraan, apa yang anda katakan dan suara
orang-orang di sekeliling anda..
c. Sensasi di kulit dan tubuh anda dan bagaimana perasaan anda baik secara emosi maupun psikis.
d. Tindakan dan aktifitas apa yang anda lakukan gerakan tubuh anda serta penampilan anda.

16. Anggaplah bahwa anda harus mengisi seluruh waktu anda di tempat-tempat berikut dengan
aktivitas yang berbeda-beda. Di tempat manakah yang anda anggap paling nyaman?
a. Suatu tempat di mana anda bisa membaca, melihat gambar-gambar, karya seni, peta, bagan dan
foto-foto, mengerjakan teka-teki atau menemukan bagian-bagian gambar yang hilang, bermain
kata-kata sepeti scrable atau boggle mengerjakan dekorasi interior atau memilih-milih pakaian.
b. Suatu tempat dimana anda bisa mendengarkan cerita melalui tape, musik. Radio, atau berita dan
talk show di televisi, bermain instrumen atau menyanyi, bermain kata-kata dengan suara keras,
debat atau berpura-pura menjadi disk jockey, membaca dengan suara keras atau menirukan
petikan drama atau film atau membaca puisi dan novel dengan suara keras.
c. Suatu tempat di mana anda bisa menggambar, mengecat, membuat patung atau membuat
kerajinan tangan, menulis atau mengetik sesuatu, mengerjakan sesuatu yang melibatkan tangan
anda, bermain catur, checker atau permainan papan lainnya atau membuat maket/model.
d. Suatu tempat dimana Anda bisa berolah raga, bermain bola atau permainan yang melibatkan
gerakan tubuh atau menjadi bagian dari sebuah permainan atau pertunjukan, mengerjakan
proyek dimana anda bisa bergerak dengan bebas. Melakukan eksperimen atau eksplorasi dan
menemukan hal-hal baru, membuat sesuatu atau menggabungkan benda-benda mekanik atau
bergabung dengan tim kompetisi.

17. Jika Anda diharuskan untuk mengingat kata-kata baru, dengan cara apa yang anda anggap paling
mudah?
a. Melihatnya.
b. Mendengarkannya.
c. Menulisnya.
d. Memperagakannya secara mental ataupun secara fisik.

setelah anda menjawab semua pertanyaan tersebut, hitunglah berapa banyak anda menjawab "a", berapa banyak anda menjawab "b", berapa banyak anda menjawab "c", dan berapa banyak anda menjawab "d", ?

- jika anda lebih banyak menjawab a berarti anda adalah orang yang belajar dengan gaya visual
- jika anda lebih banyak menjawab b berarti anda adalah orang yang belajar dengan gaya auditory
- jika anda lebih banyak menjawab c berarti anda adalah orang yang belajar dengan gaya teactile
- jika anda lebih banyak menjawab d berarti anda adalah orang yang belajar dengan gaya kinestesis

C. Tipe Belajar

setelah anda mengetahui kecendrungan otak dan gaya belajar anda maka anda dapat menggabungkan keduanya sehingga terbentuklah type belajar anda sendiri. yaitu :
- visual otak kiri
- visual otak kanan
- auditory otak kiri
- auditory otak kanan
- teactile otak kiri
- teactile otak kanan
- kinestesis otak kiri
- kinestesis otak kanan

dengan demikian anda telah mengetahui type belajar yang cocok untuk anda sehingga anda dapat belajar dengan mudah, cepat dan efektif.
berikut penjelasan tentang masing-masing type belajar:

· Tipe Visual Otak Kiri
- Tipe Visual Otak Kiri menyerap informasi secara visual dan menerjemahkannya ke dalam bentuk
symbol dan bahasa misalnya dalam bentuk surat, kata-kata, nomor, atau ide.
- Tipe Visual otak kiri, jika sedang berpikir, akan melihat kearah langit-langit. Pandangan mata
kekanan dan kekiri, karena otak mereka memproses data dengan melihat setiap data atau symbol.
- Tipe otak kiri akan menatap lurus ke arah lawan bicara untuk membantu mereka mendengarkan
lebih baik, sebaliknya tipe ini tidak senang dengan orang yang diajak bicara tidak mau menatap
mata lawan bicara.
- Tipe ini senang membuat gambar, grafik, tepat waktu, selalu terjadwal, sangat baik dalam
penyimpanan data.

Mempercepat Proses Belajar:
- Visual otak kiri mempercepat proses belajar dengan membaca dan melihat materi visual dalam
bentuk bahasa, surat, kata, angka, juga membuat kontak mata dengan lawan bicara.
- Tipe ini lebih mudah mempelajari dengan membaca buku dan catatan yang diberikan secara jelas
dan rapi,
- Tipe visual otak kiri dapat belajar, baik dengan diirngi musik maupun tidak, karena mereka tidak
terlalu peduli dengan stimuli auditori di sekelilingnya, dan juga sangat sensitif terhadap stimuli
visual dan mudah terusik bila ada gangguan visual.
- Tipe ini dapat belajar dan mengingat tulisan pengucapan bahasa dan pengejaan jika materinya
disajikan dalam bentuk cetak dan terlihat rapi.
- Tipe ini sangat terjadwal dan disiplin waktu
- Untuk mempercepat membaca, tipe ini harus mengingat detail kata dan angka yang dibaca.

Instruksi yang Sesuai Untuk Gaya Visual Otak Kiri;
Tipe ini hanya perlu mengingat setiap detail yang dibaca dari pada harus mencari yang tersirat
meminta instruktur untuk memilih point-point yang penting dan menuliskannya dipapan tulils.

· Tipe Visual Otak Kanan :
- Tipe Visual otak kanan menyerap informasi dengan mata, dan sangat tertarik dengan gambar,
symbol, grafik, warna, bentuk, desain, ukuran dan hubungan antar ruang. Memproses stimuli ini
secara simulttan, cukup sekali pandang dan mereka dapat menangkap detailnya.
- Tipe ini mudah terusik oleh gangguan visual
- Tipe ini pandai memadukan warna, aksesoris yang cocok dan peka terhadap penampilan visual di
sekelilingnya.
- Senang membuat segala sesuatu tampil cantik
- Senang menghadiri pameran lukisan galeri seni, pameran mobil atau berjalan-jalan.
- Menyimpan arsip dengan box file yang berwarna warni, tempat buku yang bergaya, tempat pensil
yang unik dan lain-lain.
- Saat bicara, tipe ini lebih senang melihat kearah bibir daripada harus melihat ekspresi lawan
bicara.
- Tidak terlalu peka terhadap waktu, dan menyelesaikan pekerjaan sesuai keinginan mereka dengan
tidak melebihi batas waktu.

Mempercepat Proses Belajar :
- Cara yang paling tepat bagi tipe visual otak kanan adalah dengan alat Bantu visual seperti grafik
dan gambar.
- Adanya kontak mata dengan guru atau pengajar dari pada harus mendengarkan saja.
- Diberi penjelasan secara deskriptif agar memiliki bayangan yang jelas tentang materi yang
dibicarakan.
- Disediakan media, slide, video disertai dengan gambar-gambar yang menarik dan imajinatif.
- Tipe ini bisa belajar baik diiringi dengan musik maupun tidak, kebisingan dan suara disekitar tidak
akan menggoyahkan konsentrasi.
- Tipe ini mengingat setiap objek yang mereka lihat dalam kehidupan nyata.
- Tipe ini dapat memahami bacaan dengan lebih cepat dengan membayangkan semua yang dibaca.
- Tipe ini sangat tertarik pada seni rupa dan desain grafik, arsitektur.

Instruksi yang sesuai dengan gaya visual otak kanan :
- Memberikan gambaran-gambaran sekilas dari materi yang akan dipelajari.
- Membuat gambar atau alat Bantu visual atau membuatnya sendiri

· Tipe Auditori otak kiri
- Cara terbaik untuk para auditori otak kiri adalah dengan mendengarkan setiap penjelasan yang
diberikan baik berupa kalimat ataupun kata-kata.
- Tipe ini sangat sensitif dan merasa tidak nyaman dengan kalimat yang diulang-ulang, sering
terhenti atau terlalu banyak mengucapkan kata “ehm”.
- Peka terhadap pembicaraan orang lain, hati-hati dalam berbicara.
- Tipe ini menikmati pembicaraan dengan orang lain dan bisa mengutip kata dengan tepat.
- Tipe ini tidak senang, kesunyian dan suka humor-humor segar.
- Tipe ini berfikir sambil berbicara
- Tipe ini bekerja secara bertahap dan teratur
- Senang menikmati musik klasik, teater, atau pertunjukan musik.

Auditori otak kiri dapat mempecepat proses belajar dengan :
- Mendengar, berbicara dan berdiskusi
- Menyerap makna komunikasi verbal dengan cepat
- Mengikuti perkuliahan, pelatihan verbal
- Menggunakan media yang sesuai seperti film, video, komputer dan lain-lain.
- Melalui teknik manual dan pedoman instruksional yang dibaca.
- Menyenangi tempat yang sunyi dan tenang untuk belajar.
- Membaca dengan suara keras, suara pelan atau membaca dalam hati.

Tipe auditori otak kiri adalah seorang pekerja yang handal sebagai pembicara dan pendengar yang
baik.

Cara Belajar yang sesuai bagi gaya Auditori otak kiri. Meminta pada instruktur agar menyajikan
materi dalam bentuk auditori melalui penjelasan dan diskusi, membaca materi dengan suara yang
keras atau merekamnya, serta berkelompok.

· Tipe Auditori Otak Kanan
- Tipe auditori otak kanan sangat peka terhadap musik, suara-suara, irama, nada suara dan
memiliki kemampuan sensor kata yang kuat.
- Tipe ini senang pada suara-suara indah, melodi dan suara yang menyenangkan hati, dan akan
terganggu dengan suara nyaring seperti sirene, ketukan palu.
- Tipe ini menghabiskan waktu untuk menciptakan lagu-lagu dan musik mereka sendiri, dan
sangat kreatif menciptakan aliran musik baru.
- Tipe ini dapat membaca pikiran negatif seseorang, kemarahan yang terpendam maupun sindiran.
- Tipe ini tidak suka membuat kontak mata dengan pembicara, tapi memahami komunikasi non
verbal dan nada suara.

Tipe ini dapat mempercepat proses belajar dengan :
- Mendengarkan musik, mendengarkan orang lain
- Merekam suara
- Menghubungkan materi dengan irama musik, iklan
- Menghubungkan kata dan angka-angka dengan musik
- Tipe ini tidak peduli pada symbol, bahasa yang abstrak.
- Tipe ini berpikir intuitif, tanpa kata-kata
- Memahami bacaan jika dibaca dengan suara keras atau membaca dalam hati
- Mempelajari strategi yang tepat.

Cara Belajar yang sesuai Auditori otak kanan
Dengan kalimat-kalimat yang singkat, dengan diirngi musik atau sound effect, disertai dengan contoh
alur pikir, objek nyata atau demonstrasi

· Tipe Tactile Otak Kiri
- Tactile otak kiri belajar setahap demi setahap dengan menggunakan symbol-simbol, huruf, angka
dan kata, tangan, jari, indra peraba dan emosi.
- Tactile sangat sensitif pada bahasa non verbal seperti mimik wajah, bahasa tubuh, nada suara.
- Mudah berempati pada orang lain
- Berpikir dengan hati dan mengekspresikan pemikiran secara verbal atau tertulis.
- Mendapatkan ide baru melalui intuisi dan menguraikannya dengan pendekatan yang bertahap.

Tactile Otak Kiri mempercepat proses belajar dengan :
- Melibatkan mereka dengan dalam kegiatan-kegiatan yang menggunakan tangan dan jari.
- Mencatat dengan lengkapmateri-materi yang diterima
- Senang membuat catatan, gambar, diagram ataupun bagan
- Menyediakan media yang lengkap
- Belajar di tempat yang tenang dan nyaman
- Bergabung dalam kelompok atau tim yang saling bekerja sama.
- Membayangkan apa sebenarnya yang terjadi sewaktu membaca tentang subjek yang abstrak.

Cara Belajar yang sesuai dengan Gaya Tactile Otak Kiri
- Mencatat point-point penting atau memberikan catatan khsusu atau data yang tersusun rapi dan
mudah dipahami.
- Menyediakan buku-buku dan materi audio visual.

· Tipe Tactile Otak Kanan
Yang termasuk tipe ini adalah :
- Orang-orang yang sensitif yang cenderung berpikir global, pandai membaca bahasa non verbal.
- Tipe ini menggunakan intuisi, imajinasi bahasa yang mengungkapkan perasaan dan kata-kata yang
bersifat sensoris.
- Sangat sensitif pada perasaan orang lain dan sangat perasa
- Berpikir dengan hati dan mendapatkan ide-ide secara intuitif.
- Tipe ini menyukai olahraga dan permainan yang menggunakan tangan, seperti dansa, senam,
renang.

Cara Belajar Cepat :
Bagi tipe Tactile otak kanan, proses belajar semakin cepat bila :
- Memanfaatkan tangan, jari jemari dan perasaan.
- Belajar melalui bahasa sensorik atau komunikasi non verbal
- Membuat sketsa, menggambarkan diagram-diagram ilustrasi, peta membuat patung, bookletboklet
artistik.
- Mengingat dengan menggunakan kaligrafi atau gambar penuh warna.
- Tipe ini perlu pengalaman yang nyata dan manipulatif.
- Menyukai lingkungan kerja yang tenang dan alami
- Memberikan pujian, penghargaan dan memberikan pesan tertulis.

Cara Belajar yang paling tepat bagi tipe Tactile otak kanan :
- Memberikan gambaran sekilas tentang suatu subjek dengan menggunakan bahasa sensorik yang
sederhana.
- Membuat alur pikir secara global, kreatif dan mengalir.
- Catatan-catatan atau bacaan yang disertai ilustrasi-ilustrasi.

· Tipe Kinestetis Otak Kiri :
- Tipe Kinestetis otak kiri berpikir dengan cara yang terorganisir, sistematis dan disertai gerakan
otot-otot tubuh
- Tipe ini sangat terkooridnasi dan dapat menyesuaikan dengan orang-orang sekelilingnya.

Tipe ini akan lebih mudah belajar jika :
- Menggunakan pendekatan yang terorganisir, sistematis dan bertahap yang melibatkan tubuh dan
otot mereka.
- Bergerak bebas merasa nyaman dan relaks dan merasa tersiksa jika duduk diam.
- Mendiskusikan atau merekam prestasi yang telah dicapai.

Cara Belajar yang sesuai :
Dengan memberikan kebebasan bergerak saat mempelajari materi, membuat catatan tersendiri dan
menggunakan alat Bantu.

· Tipe Kinestetis Otak Kanan
- Tiep Kinestetis otak kanan belajar dengan cara menggerakan otot-otot motorik secara imajinatif,
mengalir tapi tidak terstruktur.
- Tipe ini mengumpulkan informasi secara intuitif.
- Dapat memikirkan beberapa masalah sekaligus
- Berorientasi pada tujuan, tidak berorientasi waktu
- Tipe ini senang berhubungan dengan banyak orang yang pemikiran sejalan.

Mempercepat proses belajar
Tipe Kinestetis otak kanan dapat mempercepat proses belajar dengan :
- Gerakan yang tidak terstruktur, imajinatif dan bebas.
- Belajar secara “Trial and error”, eks plorasi dan mencoba menentukan hal-hal baru
- Pengalaman yang aktif berupa simulasi
- Memberikan contoh-contoh, buku-buku petunjuk praktek
- Mendengarkan

Cara Belajar yang cocok bagi Kinestetis otak kanan :
- Gambaran global, bahasa sensoris
- Memberi catatan atau bahan bacaan
- Gambar yang berhubungan dengan topik
- Demonstrasi

D. Kondisi Lingkungan Yang Mendukung

Dalam belajar mudah kita juga perlu memperhatikan kondisi sekitar. lingkungan yang mendukung dan cara belajar yang tepat akan semakin membantu proses belajar mudah, cepat dan efektif.

By : http://dukuncinta.ikutngeblog.info




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar