Jika anda beriorientasi dalam usaha mengembangkan
bisnis atau anda adalah salesman yang diberi tanggung jawab untuk sebuah area
penjualan maka aspek pertumbuhan adalah sesuatu hal yang sangat penting. Karena
pada dasarnya semua perusahaan pasti mengharapkan pertumbuhan yang terjadi akan
berlangsung secara terus menerus, begitu juga halnya dengan kita secara
pribadi, karena hal seperti ini berarti menjadi penambahan pendapatan pribadi
kan.
Akan tetapi dalam dunia penjualan, terkadang kita menjumpai keadaan pasar kita mencapai titik jenuh, dimana penjualan kita rasanya terhambat pada satu titik dan tidak mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan lagi.
Jika hal ini terjadi maka sebaiknya anda mengambil waktu sebentar untuk berfikir. yaitu mengenai mimpi dan rencana-rencana anda kedepan. Tentu saja setiap Kita pasti menginginkan hal - hal yang ideal untuk mendorong setiap penjualan Kita, seperti tambahan pelanggan, tambahan pemasukan, ekspansi ke daerah yang belum terjangkau atau ekspansi ke luar daerah baik regional maupun nasional. memang sederhana tetapi hal ini dapat meledakkan pertumbuhan penjualan anda pada masa yang akan datang, karena tanpa visi yang inspiratif maka setiap perencanaan anda pada bulan berikutnya lebih kurang akan sama dengan bulan sebelumnya dan hal ini berarti jumlah penjualan yang sama dan tingkat pertumbuhan yang sangat minim.
Bagaimana kita menggunakan kekuatan visi agar sesuai dengan bisnis kita, berikut adalah beberapa langkah yang dapat kita pakai untuk memanfaatkan kekuatan visi :
1. Tuliskan Visi
Tuliskan hal - hal ideal apa yang ingin anda raih,Hal ini bisa saja dengan mengembangkan usaha, misalnya dengan membuka 5 kantor cabang atau membuat franchise, dan lain sebagainya bagi perusahaan anda sebagi pemilik bisnis. Sedangkan bagi salesman yang bekerja bisa saja memimpikan agar semua toko di area penjualannya, dapat eksis menjual setiap produk anda. ingatlah apa yang kita inginkan itulah yang kita dapatkan. tuliskan saja semua hal dan buatlah daftar atas semua keinginan anda.
2. Buatlah Statement atas Visi
Setelah mendapatkan visi yang ideal, maka langkah berikutnya adalah menuliskan statement visi anda. Hal ini dilakukan agar anda selalu termotivasi untuk mencapai tujuan anda setiap hari dengan melihat statement visi tersebut. Buatlah statement Visi yang realistic yang akan dicapai pada masa yang akan datang seperti 1-,3-,5 atau sepuluh tahun lagi.
3. Pecahkan Visi dan buatlah Target Pencapaian
Setelah mendapatkan statement visi yang tepat, maka langkah berikutnya menciptakan langkah - langkah untuk mencapai visi tersebut dan mejadikannya target yang harus dicapai setiap minggu, bulan atau tahunnya. Buat maksimal Tiga sampai Lima saja target yang harus dicapai dan harus realistis dapat diukur secara quantitas misalnya untuk tahun pertama saya akan membuka cabang di jalan A. Yani kemudian tahun kedua di Jl. Sudirman dan seterusnya atau membuat semua toko yang bentuknya warung menjual produk saya kemudian tahun berikutnya semua toko yang berbentuk supermarket bagi salesman.
4. Buat Review atas Statement Visi kita setiap tahunnya.
Lihat Visi anda dan seberapa dekat anda dengannya setiap tahun, Ingat sekali kita punya visi yang baik maka kita harus berusaha sekuat tenaga agar visi kita tercapai. Semakin dekat kita dengan visi kita semakin tinggi motivasi kita untuk meraihnya. Jika ternyata kita diam di tempat atau bahkan semakin jauh, ada baiknya kita merevisi visi kita tersebut baik dari segi waktu ataupun jumlah.
Dengan menerapkan kekuatan Visi ini, kita akan selalu dapat mampu maju ke depan dengan proses-proses yang effektif. Bisnis tidak akan pernah tumbuh jika kita tetap melakukan setiap hal-hal yang sama seterusnya, dan bisnis tidak akan pernah tumbuh secara fantastis jika kita tidak menginginkannya sesuatu menjadi lebih luar biasa. Selalulah berfikir atas setiap hal - hal yang besar karena dengannya setiap keyakinan, usaha dan tetap fokus untuk satu titik tujuan tersebut, maka bisa dipastikan pikiran kita akan mengarah berproses mengantarkan Kita untuk mewujudkannya.
Akan tetapi dalam dunia penjualan, terkadang kita menjumpai keadaan pasar kita mencapai titik jenuh, dimana penjualan kita rasanya terhambat pada satu titik dan tidak mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan lagi.
Jika hal ini terjadi maka sebaiknya anda mengambil waktu sebentar untuk berfikir. yaitu mengenai mimpi dan rencana-rencana anda kedepan. Tentu saja setiap Kita pasti menginginkan hal - hal yang ideal untuk mendorong setiap penjualan Kita, seperti tambahan pelanggan, tambahan pemasukan, ekspansi ke daerah yang belum terjangkau atau ekspansi ke luar daerah baik regional maupun nasional. memang sederhana tetapi hal ini dapat meledakkan pertumbuhan penjualan anda pada masa yang akan datang, karena tanpa visi yang inspiratif maka setiap perencanaan anda pada bulan berikutnya lebih kurang akan sama dengan bulan sebelumnya dan hal ini berarti jumlah penjualan yang sama dan tingkat pertumbuhan yang sangat minim.
Bagaimana kita menggunakan kekuatan visi agar sesuai dengan bisnis kita, berikut adalah beberapa langkah yang dapat kita pakai untuk memanfaatkan kekuatan visi :
1. Tuliskan Visi
Tuliskan hal - hal ideal apa yang ingin anda raih,Hal ini bisa saja dengan mengembangkan usaha, misalnya dengan membuka 5 kantor cabang atau membuat franchise, dan lain sebagainya bagi perusahaan anda sebagi pemilik bisnis. Sedangkan bagi salesman yang bekerja bisa saja memimpikan agar semua toko di area penjualannya, dapat eksis menjual setiap produk anda. ingatlah apa yang kita inginkan itulah yang kita dapatkan. tuliskan saja semua hal dan buatlah daftar atas semua keinginan anda.
2. Buatlah Statement atas Visi
Setelah mendapatkan visi yang ideal, maka langkah berikutnya adalah menuliskan statement visi anda. Hal ini dilakukan agar anda selalu termotivasi untuk mencapai tujuan anda setiap hari dengan melihat statement visi tersebut. Buatlah statement Visi yang realistic yang akan dicapai pada masa yang akan datang seperti 1-,3-,5 atau sepuluh tahun lagi.
3. Pecahkan Visi dan buatlah Target Pencapaian
Setelah mendapatkan statement visi yang tepat, maka langkah berikutnya menciptakan langkah - langkah untuk mencapai visi tersebut dan mejadikannya target yang harus dicapai setiap minggu, bulan atau tahunnya. Buat maksimal Tiga sampai Lima saja target yang harus dicapai dan harus realistis dapat diukur secara quantitas misalnya untuk tahun pertama saya akan membuka cabang di jalan A. Yani kemudian tahun kedua di Jl. Sudirman dan seterusnya atau membuat semua toko yang bentuknya warung menjual produk saya kemudian tahun berikutnya semua toko yang berbentuk supermarket bagi salesman.
4. Buat Review atas Statement Visi kita setiap tahunnya.
Lihat Visi anda dan seberapa dekat anda dengannya setiap tahun, Ingat sekali kita punya visi yang baik maka kita harus berusaha sekuat tenaga agar visi kita tercapai. Semakin dekat kita dengan visi kita semakin tinggi motivasi kita untuk meraihnya. Jika ternyata kita diam di tempat atau bahkan semakin jauh, ada baiknya kita merevisi visi kita tersebut baik dari segi waktu ataupun jumlah.
Dengan menerapkan kekuatan Visi ini, kita akan selalu dapat mampu maju ke depan dengan proses-proses yang effektif. Bisnis tidak akan pernah tumbuh jika kita tetap melakukan setiap hal-hal yang sama seterusnya, dan bisnis tidak akan pernah tumbuh secara fantastis jika kita tidak menginginkannya sesuatu menjadi lebih luar biasa. Selalulah berfikir atas setiap hal - hal yang besar karena dengannya setiap keyakinan, usaha dan tetap fokus untuk satu titik tujuan tersebut, maka bisa dipastikan pikiran kita akan mengarah berproses mengantarkan Kita untuk mewujudkannya.
Semoga Menginspirasi !